Sabtu, 11 Juni 2011

Fitur-fitur Baru di iOS 5 Bungkam Pesaing

AFP PHOTO / Kimihiro HOSHINO
CEO Apple Steve Jobs.

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Android dan BlackBerry boleh bilang punya kelebihan ketimbang iPhone buatan Apple dengan beberapa fitur uniknya. Tapi, dalam waktu dekat, sulit mengatakan kalau iPhone tak punya fitur yang hanya dimiliki pesaingnya.
Tengok saja pada update terbaru iOS 5 yang diumumkan Apple dalam pembukaan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2011 di San Francisco, California, AS, Senin (6/6/2011). Sejumlah fiturnya memang bisa dikatakan copycat dari pesaingnya, namun itulah yang dilakukan Apple untuk menambal kekurangannya.
iOS 5 akan dapat digunakan secara resmi mulai musim gugur atau Juli 2011 mendatang. Belum ada konfirmasi apakah Apple akan merilis produk baru dengan software teranyar, namun yang pasti pengguna iPhone dan iPod Touch saat ini bisa melakukan upgrade khususnya iPhone 4, iPhone 3GS, serta iPod Touch generasi 3 dan 4.
Salah satu fitur baru yang membuatnya tak lagi bisa diremehkan adalah soal notifikasi. Ada Notification Center yang menyajikan semua update informasi terbaru dari aplikasi-aplikasi yang digunakan. Untuk melihatnya bisa diperbesar dengan cara menarik bagian atas layar ke bawah seperti yang disediakn platform Android.
Apple juga telah melakukan integrasi Twitter ke semua fitur di iOS. Dengan single sign on, pengguna iPhone atau iPod Touch bisa langsung mengirim foto begitu selesai memotret atau langsung dari galeri foto.
Fitur yang lain yang membuatnya bakal bersaing ketat dengan BlackBerry adalah iMessage. Seperti diberitakan sebelumnya, ini merupakan layanan chat yang memungkinkan pengguna iPhone, iPod Touch, dan iPad saling berkomunikasi satu sama lain dengan push message. Persi seperti BBM, bisa kirim pesan teks, foto, kontak, bahkan video, serta membuat group chat. Ada pesan notifikasi kalau pesan terkirim serta indikator saat lawan chat sedang menulis.
Perubahan terbesar adalah tersedianya layanan iCloud yang menyediakan sinkronisasi konten berbasis cloud. Di sini pengguna dapat mengakses semua konten yang dimiliki dari berbagai jenis perangkat yang dimiliki apakah itu iPhone, iPad, atau iPod Touch dari mana saja. Album foto dari berbagai perangkat bisa disinkronisasi dan tersimpan di cloud selama 30 hari. Lewat tambahan langganan iTunes on Cloud, track musik yang pernah dibeli dari iTunes juga tersimpan di cloud sehingga bisa diunduh berkali-kali kapan saja dari semua jenis perangkat.
Kini, aktivasi perangkat baru berbasis iOS pun tak perlu lagi garus dilakukan dengan sinkronisasi lewat PC. pengguna bisa langsung melakukan aktivasi langsung dari perangkat tersebut lewat jaringan atau over the air (OTA).
Selain tambahan fitur-fitur utama tersebut, iOS 5 juga menyediakan fitur yang lebih memudahkan pengguna. Misalnya, split keyboard yang baru dan tambahan fitur pada aplikasi kamera. Pesan atau reminder juga tidak hanya diintegrasikan dengan kalender tapi juga dengan lokasi pengguan berada. Ada juga aplikasi Newsstand sebagai tempat mengakses konten majalah dan suratkabar digital. Browser Safari juga mengalami peningkatan fitur.
Nah, apakah Apple bakal makin kuat dengan fitur-fitur baru yang membuat iOS tak lagi punya kekurangan terhadap pesaingnya? Ya setidaknya walaupun kelihatan meniru, hal tersebut bisa membungkam kompetitor untuk sesumbar.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates