Sabtu, 11 Juni 2011

Dari Smartphone hingga Superkomputer


NVIDIA

KOMPAS.com - NVidia yang dikenal sebagai perusahaan asal Amerika Serikat yang fokus pada pengembangan unit pemroses grafis dan teknologi chipset untuk PC dan perangkat mobile, akan turut unjuk gigi dalam ajang Computex yang berlangsung di Taipei, Taiwan dari tanggal 31 Mei - 4 Juni 2011.
Dalam rilis di situsnya, Nvidia akan memamerkan teknologi GetForce, Tegra, dan 3DVision. Nvidia juga akan menunjukkan bagaimana teknologinya mampu mendukung perangkat komputasi dari superphone ke superkomputer. Akan dipamerkan pula game dan aplikasi PC terbaru, fotografi dan video 3D.
Berdasarkan laporan PCWorld, Senin (30/5/2011), CEOP Nvidia, Jen Hsun Huang mengatakan pada wartawan bahwa Nvidia akan menditribusikan 10 juta prosesor dual core Tegra 2 hingga akhir bulan Juni 2011. Tegra 2 dikenal dipakai pada produk Samsung Galaxy Tab, Acer Transformer dan LG Optimus.
Huang juga menunjukkan prosesor quad core yang namanya masih merupakan kode, disebut Kal El. Prosesor ini bisa mendukung produk seperti tablet dan smartphone. Tablet dengan Kal El dikatakan akan keluar bulan September sementara smartphone menyusul tahun depan.
Huang mengatakan, Kal-El akan memberikan grafis yang lebih baik bagi gamer maupun non gamer, serta mendukung aplikasi dengan efisiensi lebih tinggi. "Kal El bisa melakukan semua yang Tegra 2 lakukan, tapi dengan daya yang lebih rendah," kata Huang.
Tak dikatakan apakah Kal El nantinya akan berakhir pada produk yang disebut Tegra 3. Tapi yang jelas, menurut Huang, tablet yang didukung Kal El bisa men-support aktivitas gaming dalam jangka waktu 4-6 jam sekali isi ulang.
Selain prosesor, Nvidia juga akan memamerkan kacamata 3D berkabel terbaru dengan harga 99 dollar AS. Kacamata ini dikatakan lebih murah, sederhana dan tanpa baterai. Meski demikian, adanya kabel masih mepersulit gerakan saat memakainya.
Di acara ini, Senior Vice President Nvidia Corporation , Daniel F Vivoli, juga akan menjadi pembicara di Computex Taipei Innovation Forum. Dalam forum yang akan digelar mulai besok Selasa (31/5/2011) itu, Vivoli akan bicara tentang "Personal Computing for a New Generation".

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates